PEMERIKSAAN IBU HAMIL

PEMERIKSAAN IBU HAMIL

Video Pemeriksaan Ibu Hamil 5-Menit

Kehamilan adalah saat terjadinya perubahan fisiologi tubuh yang dramatis.

Volume darah – Curah jantung dan GFR-glomerular filtration rate meningkat sebesar 50%

Berat badan ibu hamil bertambah sebesar 15 – 20 kg selama kehamilan.

Diantara semua perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan, yang paling nampak adalah pembesaran abdomen dan memerlukan keterampilan pemeriksaan khusus.

Dimulai sejak kehamilan 12 minggu, uterus sudah mulai teraba diatas simfisis.

Terdapat “panduan anatomis” yang berkaitan dengan  usia kehamilan yang berbeda:

  • 2 jari diatas simfisis pubis : 12 minggu
  • Setinggi pusat : 20 minggu
  • Pertengahan umbilikus – processus xyphoideus : 32 minggu
  • Dibawah processus xyphoideus : aterm

 

Untuk menyesuaikan pembesaran uterus pada masa hamil maka :

  • Tulang rusuk mengembang dan ketinggian diafragma saat istirahat naik
  • Kedudukan kantung empedu naik dibelakang tulang rusuk.
  • Posisi apendik berubah secara dramatik, menjadi lebih posterior – lebih lateral dan keatas dibandingkan dengan keadaan tidak hamil.

Sebelum melakukan pemeriksaan terhadap ibu hamil, lihat kembali catatan medis dan data dasar : berat badan – tekanan darah dan hasil pemeriksaan laboratorium.

Sebelum memeriksa pasien, cuci tangan terlebih dulu. Pada kondisi khusus saudara mungkin memerlukan alat pelindung (apron, kaca mata, penutup kepala dan masker pelindung )

Keseluruhan dinding abdomen harus terpapar sempurna sehingga saudara dapat melakukan visualisasi perubahan kulit, gerakan janin dan kontraksi uterus.

Saat pasien berbaring telentang, tekanan pada vena cava inferior dapat menyebabkan terjadinya gejala hipotensi – sesak nafas – terengah-engah. Gejala seperti ini akan hilang bila pasien diminta untuk berbaring mirng.

Agar pasien merasa santai dan nyaman, mulai pemeriksaan dengan mendengarkan detak jantung janin dan atau melakukan pemeriksaan ultrasonografi.

Perubahan kulit abdomen yang terlihat : linea nigra dan “stretch mark”. Kadang-kadang terlihat hernia umbilikalis kecil tanpa keluhan.

Tinggi fundus uteri diukur dengan pita pengukur, tentukan jarak antara fundus uteri dengan tepi atas simfisis. Rumus Mc Donald = tinggi fundus uteri dalam sentimeter setara dengan usia kehamilan dalam minggu (untuk usia kehamilan 20 – 34 minggu)

Tinggi fundus uteri yang lebih besar atau lebih kecil untuk usia kehamilan tertentu berkaitan dengan sejumlah kelainan tertentu :

Lebih besar dari usia kehamilan :

  • Kehamilan kembar
  • Hidramnion

Lebih kecil dari usia kehamilan :

  • PJT – pertumbuhan janin terhambat
  • KMK – kecil masa kehamilan (small for date)

Pengukuran tinggi fundus uteri digunakan untuk menilai pertumbuhan dan perkembangan janin dari satu kunjungan ke kunjungan berikutnya.

Pengukuran tinggi fundus uteri digunakan untuk memperkirakan berat janin, ukurang 30 cm setara dengan kehamilan 30 minggu dan tafsiran berat janin 1500 gram.

Dalam keadaan normal, konsistensi uterus lunak dan relak. Kontraksi uterus dapat dirasakan melalui palpasi abdomen. Bila terdapat keraguan dalam menentukan frekuensi detak jantung janin dan kontraksi uterus dapat digunakan peralatan kardiotokografi.

Manuver Leopold I: melakukan palpasi Fundus Uteri untuk menentukan tinggi fundus uteri dan bagian janin yang terdapat dibagian fundus

Manuver Leopold II: meraba sisi kiri dan kanan uterus untuk menentukan punggung (punctum maksimum detak jantung janin) dan bagian -bagian kecil (ekstrimitas) anak.

Manuver Leopold III: menentukan bagian terendah janin dan apakah sudah terjadi engagemen atau belum.

Manuver Leopold IV:  dilakukan pada kehamilan lanjut atau menjelang persalinan untuk menentukan sampai berapa jauh derajat engagemen yang telah terjadi.

About Bambang Widjanarko

Obstetrician and Gynecologist ; Staf pengajar di Fakultas Kedokteran & Kesehatan UMJ ; Kepala Departemen Obstetri Ginekologi FKK UMJ ; Ahli Kebidanan & Ilmu Penyakit Kandungan di RS Islam Jakarta Utara.

Posted on 09/05/2012, in Asuhan Antenatal, Keterampilan Klinik, OBSTETRI, Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: